Kapsul

Posted: Juni 24, 2012 in Analist, Monografi umum

Literatur : Farmakope Indonesia III

CAPSULAE
Kapsul

Kapsul adalah bentuk sediaan obat terbungkus cangkang kapsul, keras atau lunak. Cangkang kapsul dibuat dari gelatin dengan atau zat tambahan lain.
SYARAT KAPSUL harus memenuhi syarat berikut:

Keseragaman bobot cara untuk kapsul yang berisi obat kering. Timbang 20 kapsul. Timbang lagi kapsul satu per satu. Keluarkan isi semua kapsul, timbang seluruh bagian cangkang kapsul. Hitung bobot isi kapsul dan bobot rata-rata isi kapsul. Perbedaan dalam persen isi bobot isi tiap kapsul terhadap bobot rata-rata tiap isi kapsul tidak boleh dari yang ditetapkan kolom A dan untuk setiap 2 kapsul tidak lebih dari yang ditetapkan kolom B.

Bobot rata-rata
isi kapsul

Perbedaan bobot isi kapsul dalam %

A

B

120 mg atau lebih
>120 mg

± 10 %
± 7.5%

± 20 %
± 15 %

Cara untuk kapsul yang berisi bahan obat cair atau pasta. Timbang 10 kapsul. Timbang lagi kapsul satu per satu. Keluarkan isi semua kapsul. Cuci cangkang kapsul dengan eter P. Buang cairan cucian, biarkan hingga tidak berbau eter, timbang seluruh bagian cangkang kapsu. Hitung bobot sisi kapsul dan bobot rata-rata isi kapsul. Perbedaan persen dalam bobot isi tiap kapsul terhadap bobot rata-rata tiap isi kapsul tidak lebih dari 7,5%.

Waktu hancur. Lakukan pengujian waktu hancur menggunakan alat seperti yang tertera pada Compressi. Kecuali dinyatakan lain, waktu yang diperlukan untuk manghancurkan kapsul tidak lebih dari 15 menit.
Penyimpanan. Dalam wadah tertutup rapat, sebaiknya berisi zat pengering, ditempat sejuk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s